Writer / NIM
MOH. RIZKI DJIBRAN / 111408068
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstract
ABSTRAK
MOH. RIZKI DJIBRAN, 2012. Analisis Tentang Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa SMA Prasetya Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bmbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I ibu Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd. Pembimbing II Bapak Irvan Usman S.Psi. M.Si.
Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kemampuan penyesuaian diri siswa di SMA Prasetya Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penyesuaian diri siswa di SMA Prasetya Kota Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kemampuan penyesuaian diri, dengan anggota populasi penelitian kelas X dan XI SMA Prasetya Kota Gorontalo yang berjumlah 198 siswa, menggunakan anggota sampel sebanyak 10% atau 20 siswa. Teknik pengumpalan data menggunakan angket, dianalisis dengan menggunakan analisis presentase.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa indikator penyesuaian diri (1) Indikator penyesuaian diri terkait dengan persepsi yang akurat terhadap realita berada pada kategori sedang (2) Indikator penyesuaian diri terkait dengan kemampuan untuk beradaptasi dengan tekanan atau stres dan kecemasan berada pada kategori sedang (3) Indikator penyesuaian diri terkait dengan kemampuan mempunyai gambaran diri yang positif tentang dirinya berada pada kategori sedang (4) Indikator penyesuaian diri terkait dengan kemampuan untuk mengekspresikan perasaannya berada pada kategori sedang (5) Indikator penyesuaian diri terkait dengan relasi interpersonal yang baik berada pada kategori sedang.
Dengan demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa kemampuan penyesuaian diri siswa SMA Prasetya Kota Gorontalo berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Penyesuaian Diri
Download files