ESSAY

Writer / NIM
RIZKI AMELIA M. ZEN / 111408091
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract
ABSTRAK Rizki Amelia M. Zen. 2012. Hubungan antara Interaksi Guru Mata Pelajaran dan Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa di Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah interaksi guru mata pelajaran dan siswa dalam proses pembelajaran belum dimanfaatkan secara optimal sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas dan peningkatan prestasi belajar, adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan antara interaksi guru mata pelajaran dan siswa dengan prestasi belajar siswa di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Gorontalo?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi guru mata pelajaran dan siswa dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo, dengan Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 328 siswa sedangkan anggota sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 yang berjumlah 32 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Interaksi Guru Mata Pelajaran dan siswa) dan variabel Y (Prestasi Belajar Siswa). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan observasi dan wawancara sebagai pelengkap, teknik analisis data yang digunakan ialah analisis Product Moment yang terdiri dari uji Validitas dan Realibilitas data, uji normalitas data dan Uji Hipotesis. Berdasarkan analisis statistik korelasional diperoleh nilai rxy = 0,057 dibandingkan dengan Nilai ”r” Product Moment ternyata df sebesar 30, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,34. Sedangkan hasil Uji t harga thitung = 0,316 selanjutnya dibandingkan dengan harga ttabel untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk=n-2= 32-2=30, maka diperoleh ttabel = 2,042. Ternyata harga thitung < harga ttabel atau harga t hitung masih berada didalam daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan menolak Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hubungan antara interaksi guru mata pelajaran dan siswa dengan prestasi belajar siswa berada pada korelasi sangat rendah. Kata Kunci : Interaksi Guru Mata Pelajaran dan Siswa, Prestasi Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011