ESSAY

Writer / NIM
SITI AISAH / 111408108
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract
ABSTRAK Siti Aisah. 2012. Pengaruh Teknik Roleplaying terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang terjadi di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo tentang kecerdasan emosional siswa kelas X yang hanya 40%. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh teknik roleplaying terhadap kecerdasan emosional siswa melalui eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian “One Group Pre-Test and Post-Test Design” yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (teknik roleplaying) dan variabel Y (kecerdasan emosional siswa) kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo dengan sampel penelitian sejumlah 15 siswa dari jumlah populasi 263 siswa. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan teknik pengumpul data berupa teknik angket tentang aspek-aspek variabel Y (kecerdasan emosional siswa). Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket yang disebar sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan statistika pengujian normalitas data yang menghasilkan ?hitung 2 ? = -0,7 dan ?hitung 2 ? = -11,13 sedangkan harga ?tabel 2 pada taraf nyata ? = 5,99. Ternyata harga ?hitung 2 < ?tabel 2 sehingga disimpulkan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung sebesar -8,28 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,05. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain (harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0) sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya teknik roleplaying berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa, sehingga dapat direkomendasikan teknik roleplaying secara intensif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Kata kunci: teknik roleplaying, kecerdasan emosional.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011