ESSAY

Writer / NIM
SUNARTI ISHAK / 111408117
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstract
ABSTRAK Sunarti Ishak, NIM 111 408 117. 2012. Studi tentang Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN II Hutabohu Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd. Kons. dan pembimbing II Irpan A. Kasan, S.Ag, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SDN II Hutabohu Kabupaten Gorontalo. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SDN II Hutabohu Kabupaten Gorontalo. Sebelum membahas faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, penulis juga ingin mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa SDN II Hutabohu. Untuk itu penulis membahas pada skripsi ini sehingga memperoleh gambaran tentang motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dimana peneliti mengolah data yang diperoleh di lapangan dan sebagai subyek penelitian adalah siswa SDN II Hutabohu tahun 2011/2012 berjumlah 40 orang. Dengan mempertimbangkan siswa SD belum semua yang bisa membaca dan menulis maka peneliti mengambil sampel penelitian dari siswa kelas IV,V, dan VI, mengingat kelas ini merupakan kelas yang tertinggi di SD dan untuk jumlah sampel yang dipilih pada setiap kelas ditentukan secara undian. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk memperoleh gambaran tentang motivasi belajar siswa dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, yang diperoleh dari penjabaran masing-masing indikator penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data siswa SDN II Hutabohu Kabupaten Gorontalo diperoleh bahwa gambaran motivasi belajar siswa rata-rata 55% atau berada pada kategori sedang. Sedangkan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah faktor jasmani diperoleh hasil 34% atau berada pada kategori rendah, faktor psikologis diperoleh hasil 21% atau berada pada kategori rendah, faktor kelelahan diperoleh hasil 79% atau berada pada kategori tinggi, faktor keluarga diperoleh hasil 36% atau berada pada kategori rendah, faktor sekolah diperoleh hasil 27% atau berada pada kategori rendah, faktor masyarakat diperoleh hasil 42% atau berada pada kategori rendah. Jadi, rata-rata faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ini diperoleh hasil 40% atau berada pada kategori rendah. Dan dari faktor-faktor itu, yang lebih mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah faktor kelelahan. Dari hasil pengolahan data, sudah dapat diketahui bagaimana motivasi siswa dan faktor yang mempengaruhinya. Untuk itu, orang tua, guru dan masyarakat sekitar harus bekerja sama dan saling mendukung untuk kemajuan anak dan anak didik kita. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa dan Faktor yang Mempengaruhinya
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011