ESSAY

Writer / NIM
SUPATMI NANGUNE / 111408119
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstract
ABSTRAK SUPATMI NANGUNE. 2014. Persepsi Guru Mata Pelajaran terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMU Negeri Se Kota Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing 1. Dr. Hj. Tuti Wantu, M.Pd Kons, dan Pembimbing 2. Irvan Usman, S.Psi, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMU Negeri Se Kota Gorontalo. Permasalahan yang dikaji adalah: bagaimana persepsi guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMU Negeri Se Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif persentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum adanya persepsi positif guru mata pelajaran terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMU Negeri Se Kota Gorontalo yang ditunjukkan indikator pengalaman dengan persentase 89% dan indikator pengartian 88% yang berada pada kategori baik. Sedangkan indikator penglihatan menggambarkan adanya persepsi negatif dengan persentase 55% yang berada pada kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disarankan yaitu untuk sekolah: perlu diupayakan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan sebaik-baiknya, dan juga perlu dukungan yang maksimal dari pihak sekolah untuk pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Saran untuk peneliti selanjutnya: Diharapkan dapat memperluas objek penelitian, misalnya persepsi kepala sekolah terhadap layanan bimbingan dan konseling atau menambah teori- teori baru yang dapat memperbarui hasil penelitian ini. Kata Kunci: Persepsi Guru Mata Pelajaran, Bimbingan dan Konseling
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011