ESSAY

Writer / NIM
NURLAILA ABUBAKAR / 111409016
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstract
ABSTRAK Nurlaila Abubakar. 2013. Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim, M.Pd dan pembimbing II Meiske Puluhulawa M.Pd. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan yang menyebabkan siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Fokus permasalahan data penelitian ini adalah bagaimana kesulitan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kabila kabupaten Bone Bolango? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kabila kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kesulitan belajar siswa, dengan anggota populasi 273 orang dan anggota sampel 32 orang (10%). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai teknik utama dan observasi serta, wawancara sebagai teknik pelengkap. Data dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango meliputi kesulitan belajar pra akademik dengan persentase 70,57%, kesulitan belajar umum dengan persentase 66,98%, dan kesulitan belajar akademik dengan persentase 66,75%. Maka dapat di simpulkan bahwa 67,90% siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango mengalami kesulitan belajar . Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan: (a) bagi guru pembimbing diharapkan dapat mencari solusi bagaimana cara memecahkan masalah kesulitan belajar siswa, (b) bagi peneliti selanjutnya dapat lebih memperhatikan instrumen yang akan digunakan. Pengembangan instrumen harus memperhatikan segi bahasa dari tiap butir pernyataan, sehingga dapat mengumpulkan data mengenai kesulitan belajar siswa dengan lebih jelas. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat meneliti kesulitan belajar siswa dalam lingkup populasi yang luas, karena penelitian ini hanya dilakukan terhadap siswa kelas VII saja, maka penelitian selanjutnya dapat dilakukan di kelas VIII dan XI.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011