ESSAY

Writer / NIM
MILKA PRATIWI AYUBA / 111409017
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstract
ABSTRAK Milka Pratiwi Ayuba. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Konsep Diri Akademik Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skiripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena L. Madina, M.Pd dan pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi di SMK Negeri 1 Limboto adalah masih ada siswa yang memiliki konsep diri akademik negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri akademik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Limboto kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Anggota populasi yang menjadi objek penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Limboto yang berjumlah 352 orang, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah 15% dari jumlah populasi yaitu 53 orang siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi ? = 44,79+0,58x, hal ini berarti bahwa setiap terjadi peningkatan sebesar satu unit pada variabel X (pola asuh orang tua) akan berakibat terjadinya peningkatan rata-rata 0,58 unit pada variabel Y (konsep diri akademik siswa). Dengan kata lain semakin baik pola asuh orang tua, semakin positif konsep diri akademik siswa. Sebaliknya semakin buruk pola asuh orang tua, semakin negatif konsep diri akademik siswa. Selanjutnya dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh harga r = 0,57 dengan koefisien determinasi r2 = 0,3249. Hal ini berarti bahwa sekitar 32,49% variasi yang terjadi pada variabel Y (konsep diri akademik siswa) dapat dijelaskan oleh variabel X (pola asuh orang tua). Selanjutnya dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung = 4,95 dan t(0,975)(51) = 2,00. Ternyata harga t hitung > ttabel, atau harga thitung berada diluar penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan konsep diri akademik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Limboto kabupaten Gorontalo” dapat diterima. Selanjutnya dikemukakan saran kepada (a) orang tua agar menerapkan pola asuh yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anak, agar dapat terbentuk konsep diri akademik yang positif dalam diri siswa (b) saran bagi guru pembimbing agar memberikan layanan konseling kepada siswa yang masih memiliki konsep diri akademik negatif dengan maksud untuk menggali permasalahan yang dialami siswa terutama yang berkaitan dengan masalah akademiknya. Kata kunci : Pola Osuh Orang Tua, Konsep Diri Akademik Siswa
Download files

ARCHIVES

2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011