ESSAY

Writer / NIM
ASIS DARMA / 111409065
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract
ABSTRAK Asis Darma. NIM. 111 409 605. Hubungan Layanan Informasi dengan Motivasi Belajar pada Siswa di SMA Tri Darma Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan layanan informasi terhadap motivasi belajar pada siswa di SMA Tri Darma Gorontalo?. Sedangkan tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui hubungan layanan informasi dengan motivasi belajar siswa di SMA Tri Darma Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yakni mendeskripsikan hubungan layanan informasi dengan motivasi belajar siswa. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan teknik angket, data-data tersebut dianalisis secara statistika. Hasil Penilitian ini menunjukkan bahwa besarnya hubungan layanan informasi (variabel X) terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 43.56%. Dalam artian bahwa sebesar 43.56% motivasi belajar siswa (variabel Y) di SMA Tri Darma Gorontalo memiliki hubungan dengan layanan informasi (Variabel X). Sisanya 56.44%, memberikan makna bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain oleh peneliti, seperti bimbingan guru di sekolah, perhatian orang tua, pengaruh lingkungan sekolah, cara mengajar guru dan fasilitas belajar yang menunjang kegiatan belajar siswa. Faktor-faktor tersebut pada dasarnya di luar jangkauan oleh peneliti, sehingga secara tidak langsung hasil penelitian ini masih memberikan kemungkinan kepada orang lain untuk melanjutkan dengan melakukan peninjauan kembali dari aspek yang lainnya. Dengan demikian, maka penelitian ini adapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi "terdapat hubungan antara layanan informasi dengan motivasi belajar siswa di SMA Tri Darma Gorontalo" dinyatakan diterima. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling di SMA Tri Darma sebaiknya memberikan layanan informasi yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh siswa, sehingga dengan layanan informasi yang diperoleh siswa dapat memberikan dorongan kepada siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Diharapkan kepada siswa agar layanan informasi bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK dapat diperhatikan dengan baik, sehingga setiap permasalahan yang dihadapi dapat dipecahkan, khususnya yang berkaitan dengan motivasi dalam melaksanakan kegiatan belajar. Dan disarankan pula kepada orang tua agar selalu memberikan motivasi, kepada anak secara berkelanjutan, agar mereka dapat melakukan kegiatan belajar secara baik Kata Kunci: Layanan Informasi dan Motivasi Belajar Pada Siswa di SMA Tri Darma Gorontalo
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011