ESSAY

Writer / NIM
NURHAYATI SALEH / 111409162
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstract
ABSTRAK Nurhayati Saleh, 111 409 162. Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi Dengan Bahasa Indonesia Baku Melalui Teknik Diskusi Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII.A MTs Al-Yusra Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Ha. Maryam Rahim, M.Pd, Pembimbing II : Irvan Usman, S.PSi, M.Si. Penelitian ini bertolak dari rendahnya kemampuan siswa berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku yaitu siswa tidak mampu menggunakan kata/kalimat,intonasi dan lafal dengan bahasa Indonesia baku. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku pada siswa kelas VIII.A MTs Al-Yusra Gorontalo. Subyek yang dikenakan tindakan adalah 18 siswa kelas VIII.A MTs Al-Yusra Gorontalo Tahun Pelajaran 2011-2012. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah 16 dari 18 siswa atau 88,88% kemampuan siswa berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku meningkat. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa 16 siswa atau 88,88% mampu berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan pada siklus II telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan capaian ini berarti hipotesis yang dirumuskan yakni jika digunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi, maka kemampuan siswa berinteraksi dengan bahasa Indonesia baku akan meningkat, dinyatakan dapat diterima. Kata Kunci : Berinteraksi Dengan Bahasa Indonesia Baku, Layanan Bimbingan Kelompok.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011