ESSAY

Writer / NIM
ULIN KASIM / 111410042
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstract
A B S T R A K Ulin Kasim. NIM. 111 410 042. "Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Fading di TK Delima Bunggalo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd, Pembimbing II: Irvan Usman, S.Psi, M.Psi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: "Apakah teknik fading dapat meningkatkan kemampuan berbicara di TK Delima Bunggalo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo?". Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui teknik fading. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengolahan data secara kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di TK Delima Bunggalo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo, dengan subjek penelitian kelompok B berjumlah 25 orang dengan jumlah laki-laki 15 orang dan perempuan 10 orang anak. Pemecahan masalah pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I pertemuan 1 anak yang mampu berjumlah 14 orang (56%), siklus I pertemuan 2 anak yang mampu menjadi 16 orang (64%). Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh anak yang mampu berjumlah 18 orang (72%), siklus II pertemuan 2 menjadi 20 orang (80%). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik fading, maka kemampuan berbicara anak di TK Delima Bunggalo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo akan meningkat, dapat diterima". Kata kunci : Kemampuan Berbicara, Teknik Fading
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011