Writer / NIM
RAHMAWATI R. HANYALA / 111410067
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstract
ABSTRAK
Rahmawati R. Hanyala 2015. Deskripsi Faktor-Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena Madina, M.Pd dan pembimbing II: Irpan Kasan, S.Ag. M.Pd. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar yang menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif satu variabel, dengan jumlah anggota populasinya adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo yang berjumlah 347 siswa, dijadikan anggota sampel sebanyak 10% atau 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai alat utama, dan dianalisis menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar adalah faktor internal dan faktor eksternal. Internal dengan jumlah persentasenya sebanyak 73.656% dan faktor eksternal persentasenya sebanyak 69.666%, artinya bahwa di kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo faktor internalnya lebih dominan daripada faktor eksternal. Faktor internal meliputi tiga indikator yaitu: indikator (1) kelelahan fisik, di peroleh jumlah persentase sebanyak 70.982%; indikator (2) kelelahan psikologis, dengan jumlah persentase sebanyak 69.184%; indikator (3) kelelahan perilaku memperoleh persentase sebanyak 80.804% dan pada faktor eksternal terdiri dari tiga indikator yaitu: indikator (1) lingkungan, di peroleh jumlah persentase sebanyak 69.524%, indikator (2) sarana dan fasilitas, dipeoleh jumlah persentase sebanyak 69.167%; indikator (3) guru, memperoleh jumlah persentase sebanyak 70.306%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor dominan yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo adalah faktor internal dengan memperoleh jumlah persentase sebanyak 73.656%
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar
Download files