Writer / NIM
ZUMALDAN BLONGKOD / 111410082
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Advisor 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstract
ABSTRAK
Zumaldan Blongkod. 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Konsep Diri Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Murhima A Kau, S.Psi, M.Si, Psi
Penelitian ini didasarkan pada masalah adanya gejala konsep diri negatif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo yang ditandai dengan rendah diri bergaul dengan orang lain dan menilai kemampuan diri kurang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap konsep diri positif siswa melalui kegiatan eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang menggunakan desain penelitian One Group Pre-test and Post test Design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X ( Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi) dan Y ( Konsep Diri Positif) di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Sampel penelitian ini bejumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang berisi tentang aspek-aspek varibel Y (Konsep Diri Positif).
Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan uji t. dari hasil perhitungan diperoleh harga t_hitung sebesar -3,91 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,05. Ternyata harga t_hitung memperoleh harga lain (harga t_hitung telah berada di luar daerah penerimaan H_0) sehingga disimpulkan bahwa bahwa H_0 di tolak dan menerima H_1. Artinya layanan bimbingan kelompok tenik diskusi berpengaruh terhadap konsep diri positif siswa kelas viii smp negeri 3 kota gorontalo.
Kata kunci :Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi,
Konsep Diri Positif
Download files