ESSAY

Writer / NIM
FIEFIN PULUHULAWA / 111410103
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract
ABSTRAK Fiefin Puluhulawa. 2012. Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Konsep Diri Akademik Siswa Kelas VIII di SMP Negeri I Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd. Pembimbing II Ibu Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd.M.Si. Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri I Batudaa adalah bervariasinya prestasi belajar siswa kelas VIIIa, yang menurut para guru siswa kelas VIII tersebut adalah siswa yang cerdas dan berprestasi tinggi. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara prestasi belajar dengan konsep diri akademik siswa melalui korelasi. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Konsep Diri Akademik) dan variabel Y (Prestasi Belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 140 orang dengan sampel 21% atau 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumen yang berisi informasi tentang prestasi belajar siswa berupa nilai rata-rata seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam daftar nilai guru dan angket yang berisi pernyataan-pernyataan tentang konsep diri akademik. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan statistika uji normalitas data, uji reabilitas dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini terdapat 2 hasil penelitian yaitu penelitian deskriptif yang menjelaskan data tentang distribusi frekuensi skor responden untuk masing-masing variabel sehingga diperoleh pengkategorian dari masing-masing variabel yaitu (variable bebas) konsep diri akademik, dan (variabel terikat) prestasi belajar siswa, dan penelitian diferensial yaitu untuk menghitung uji hipotesis. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 5,9842 sedangkan tdaftar pada taraf nyata 1% sebesar 2,76. Ternyata harga thitung lebih besar dari tdatar, atau harga thtung telah berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima Ha. Hal ini berarti bahwa konsep diri akademik berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini memberi arti bahwa konsep diri akademik yang positif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: prestasi belajar, konsep diri akademik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011