ESSAY

Writer / NIM
RISNAWATY RIVAI / 111410117
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract
ABSTRAK Risnawaty Rivai. 2012. Meningkatkan Rasa Peduli Kebersihan Lingkungan Melalui Teknik Bibliokonseling Pada Siswa Kelas V SDN I Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd.,Kons. dan pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd.,M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah teknik bibliokonseling dapat meningkatkan rasa peduli kebersihan lingkungan pada siswa kelas V SDN I Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan rasa peduli kebersihan lingkungan pada siswa kelas V SDN I Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo melalui teknik bibliokonseling. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Yosonegoro yang beralamatkan di Desa Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat dengan subyek penelitian siswa kelas V.. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN I Yosonegoro berjumlah 20 orang yakni 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Peserta didik kelas V SDN Yosonegoro rata-rata berumur 10-11 tahun. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas siklus I dan II diperoleh peningkatan rasa peduli kebersihan lingkungan pada siswa kelas V SDN I Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo melalui teknik bibliokonseling. Dari tiga indikator peduli kebersihan lingkungan yang dinilai yakni siswa memiliki komitmen untuk peduli kebersihan lingkungan, siswa yang memiliki kesadaran pentingnya kebersihan lingkungan dan siswa yang peduli kebersihan lingkungan. Indikator keberhasilan adalah meningkatnya rasa peduli kebersihan lingkungan yakni 8 dari 20 orang siswa (40%) meningkat menjadi 15 dari 20 orang siswa (75%) sehingga jumlah menunjukan rata-rata capaian 16 dari 20 orang siswa (80%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai hasil observasi awal sebelum tindakan kelas dilaksanakan, siswa yang memiliki sikap peduli kebersihan lingkungan dengan kategori baik hanya 8 orang siswa (40%). Jumlah dan persentase tersebut meningkat menjadi 16 orang siswa (80%) yang termasuk pada kategori peduli kebersihan lingkungan sangat baik dan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik bibliokonseling dapat meningkatkan rasa peduli kebersihan lingkungan pada siswa kelas V SDN I Yosonegoro Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Peduli Kebersihan Lingkungan, Bibliokonseling
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011