ESSAY

Writer / NIM
RABIA SULEMAN LUWITI / 111410139
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Advisor 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstract
ABSTRAK Rabia S. Luwiti. 2013. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Token Economic di Kelompok B TK Mekar Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam Husain, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui teknik token economic pada anak di Kelompok B TK Mekar Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak pada TK Mekar Hulawa Kecamatan Telaga kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode deskriptif yang pengolahan datanya secara kualitatif. Data diambil berdasarkan observasi awal pada saat proses pembelajaran berlangsung yang berhubungan dengan pembelajaran kreativitas anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan membuktikan bahwa kreativitas anak meningkat dengan diberikan reward melalui token economic. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan anak melalui anak selama proses pembelajaran yang ada di Kelompok B Taman Kanak-Kanak (TK) Mekar Hulawa, pada observasi awal 30% yang mampu melakukan kegiatan dengan baik, setelah pelaksanaan siklus I kreativitas anak meningkat menjadi 50%. Pada siklus II kemampuan anak meningkat 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa token economic dapat meningkatkan kreativitas anak. Kata Kunci : Kreativitas Anak, Token Economic
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011