ESSAY

Writer / NIM
SALMAWATI BANIA / 111410149
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstract
ABSTRAK Salmawati Bania. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Metode Bermain Huruf di Kelompok B TK Dewantara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons dan pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode bermain huruf dapat meningkatkan kemampuan menulis di kelompok B TK Dewantara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis melalui metode bermain huruf di Kelompok B TK Dewantara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus dan data yang diperoleh dianalisis secara presentase. Metode pengumpulan data adalah observasi kegiatan guru dan anak, serta dokumntasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan observasi awal kemampuan anak sejumlah anak 8 orang atau presentase 44.44% dan tidak mampu 10 orang atau 55.56%, pada siklus I pertemuan I mencapai 11 orang atau 61.11% dan tidak mampu 7 orang atau 38.89% sedangkan siklus I pertemuan II 13 orang mampu atau 72.22% dan tidak mampu 5 orang atau 27.78%. Pada siklus II pertemuan I 14 orang atau 77.78% dan 4 orang tidak mampu atau 22.22%, siklus II pertemuan II meningkat menjadi 16 orang anak, dan 88.89% dan 2 orang atau 11.11% tidak mampu. Kesimpulan bahwa metode bermain huruf dapat meningkatkan kemampuan menulis di kelompok B TK Dewantara Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci : Kemampuan, Menulis, Bermain Huruf.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011