ESSAY

Writer / NIM
YULI RASID DJEI / 111410215
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstract
ABSTRAK Yuli Rasid Djei. NIM 111 410 215. "Hubungan Pergaulan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Gorontalo". Skripsi. Program studi pendidikan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim M. Pd dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa SMP Negeri 15 Kota Gorontalo masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya siswa belajar kelompok bersama teman sebaya. Dengan masalah yang diteliti adalah apakah terdapat hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang hubungan teman sebaya dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Gorontalo. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Variabel X (pergaulan teman sebaya) dan Variabel Y (prestasi belajar). Berdasarkan pengujian persamaan regresi linear sederhana dengan rumus: = a + bX maka diperoleh hasil = 29.928 + 3831 X. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi variabel X dengan variabel Y maka diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,664 dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,44 yang artinya sebesar 44% (variabel X) dapat menjelaskan variabel Y. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, maka diperoleh t hitung sebesar 8,78 sedangkan t daftar pada taraf nyata = 0,55. Hasil penghitungan diperoleh thitung ttabel berada diluar penerimaan Ha, yang berarti bahwa terdapat korelasi antara hubungan pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi "terdapat hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 kota Gorontalo", dinyatakan dapat di terima. Dengan memperhatikan tingkat kontribusi variabel X dan variabel Y sebesar 44%, maka hal ini menunjukkan bahwa 56% variansi yang terjadi pada prestasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Kota Gorontalo dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata kunci : Pergaulan Teman Sebaya dan Prestasi Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011