ESSAY

Writer / NIM
ABDULLAH DIN / 111411019
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstract
ABSTRAK Abdullah Din. Nim 111 411 019. Skripsi 2016. "Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo" (studi pada siswa kelas VII, VIII, XI SMP Negeri 4 Kota Gorontalo)". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd; dan pembimbinga II: Irpan A. Kasan S,Ag, M.pd. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Kota orontalo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang ada di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo khususnya di kelas VII, VIII, XI. Terdapat satu variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, peran guru bimbingan dan konseling di sekolah. Dengan populasi yang berjimlah 30 siswa, anggota sampel 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan observasi dan wawancara sebagai pelengkap. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil penilitian dan pembahasan, maka peneliti menarik kesimpulan penelitian ini dengan menggambarkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo terdiri dari tiga indikator yaitu aktivitas guru memperoleh informasi tentang motivasi belajar siswa dan jenis layanan bimbingan yang diberikan =89.66%, materi bimbingan yang diberikan=93.46%, kemampuan guru bimbingan dan konseling=88.51%. Persentase yang diperoleh dari ketiga indikator di atas yang tertinggi yaitu materi bimbingan yang diberikan =93.46%, sedangkan yang terendah yaitu kemampuan guru bimbingan dan konseling=88.51%. Maka dalam hal ini yaitu peran guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tertinggi berada pada materi bimbingan yang diberikan =93.46%, Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011