Writer / NIM
DWI WAHYU INDAH MUSODIG / 111411042
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstract
ABSTRAK
Dwi Wahyu Indah Musodig. 2016. Profil Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi, M.Si, Psi
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo yaitu masih banyak siswa yang belum mengetahui gambaran kecerdasan sosial seperti siswa tidak mampu berinteraksi secara baik dengan orang lain, siswa tidak bisa meminimalisir atau mencegah konflik, siswa tidak memiliki sikap empati dan siswa kurang memiliki sikap kerjasama, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kecerdasan sosial siswa.
Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu untuk menganalisis kecerdasan sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 135 orang siswa. Teknik untuk pengumpulan data yang di gunakan adalah instrumen angket.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan analisis data persentase bahwa kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo dengan indikator memiliki kemampuan berempati hasil persentase 90,27%. Indikator ketrampilan berkomunikasi dengan orang lain memperoleh data persentase 80,78%. Indikator pandai menjalin persahabatan memperoleh data persentase 82,02%. Indikator kemampuan dalam bergabung dan berperan serta dalam kelompok sebaya memperoleh data persentase 80,55%. Sedangkan indikator kemampuan dalam bergaul dengan orang dewasa, maksudnya anak mampu bersikap sopan, hormat kepada orang lain dan berbicara dengan baik memperoleh data presentase 89,75%. Hal ini menenjukan bahwa kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo didominasi oleh kemampuan berempati. Penelitian ini disarankan untuk lebih memperhatikan kecerdasan sosial pada siswa dan diberikan pemahaman tentang kecerdasan sosial agar siswa mampu mengelolah kecerdasan sosial, sehingga penelitian ini menjadi pedoman atau acuan untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang kecerdasan sosial.
Kata kunci : Kecerdasan Sosial, Siswa
Download files