Writer / NIM
LA OLO BUDIMAN / 111411092
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstract
ABSTRAK
La Olo Budiman. 2018. Hubungan Kebahagiaan dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebahagiaan dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 149 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 38 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (kebehagiaan) dan variabel Y (prestasi belajar siswa)
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kebahagiaan dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango yang ditunjukan dengan persamaan regresi Y =87,45+0,006 X, yang telah teruji keberartian pada = 5%. Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap terjadi perubahan pada peningkatan 1 unit variabel X (kebahagiaan) maka akan diikuti peningkatan variabel Y (prestasi belajar siswa) sebesar rata-rata 0.006. Jika semakin tinggi tingkat kebahagiaan siswa maka kecenderungan siswa untuk memiliki prestasi sangat tinggi.
Koefisien korelasi menunjukkan bahwa adanya hubungan antara variable (X) kebahagiaan dengan variable (Y) prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebahagiaan mempunyai hubungan terhadap prestasi belajar siswa. Setelah dilakukan pengolahan data statistika diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,082 yang berarti variabel kebahagiaan memiliki hubungan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini didukung oleh determinasi r2 = 0.0067 atau sebesar (0.67%). Hasil tersebut menunjukan bahwa kebahagiaan dinilai hanya 0.67% yang mempengaruhi prestasi belajar siswa .
Dari hasil uji keberartian korelasi diperoleh thitung sebesar 8,57. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 1% diperoleh t(0,995) (38) = 2,70, ternyata harga t-hitung(8,57)> t-daftar(2,70,), atau thitung berada diluar daerah penerimaan H0,sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 dengan demikian dapat disimpulkan koefisien korelasi antara kebahagiaan dengan prestasi belajar siswa dapat diterima.
Kata Kunci : Kebahagiaan, Prestasi Belajar Siswa.
Download files