ESSAY

Writer / NIM
NURLINA A. ABDULLAH / 111411097
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstract
ABSTRAK Nurlina A. Abdullah. 2015. "Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self-Efficacy Tentang Karir Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi, M.Si, Psi Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah self-efficacy tentang karir siswa. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi self-efficacy tentang karir siswa kelas XI di sekolah SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo khususnya di kelas XI yang berjumlah 299 yang menempati 12 kelas dengan jumlah masing-masing di dalam kelas 25 orang. Dari siswa diambil 10% atau 30 orang yang dijadikan sumber data dalam penelitian. Hanya terdapat satu variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi self-efficacy tentang karir siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan observasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrument dan analisis persentase. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi self-efficacy tentang karir siswa yang tertinggi pertama adalah menjadikan pengalaman menuju sukses 78.13%, hal ini menunjukan faktor yang mempengaruhi self-efficacy tentang karir siswa dipengaruhi oleh menjadikan pengalaman menuju sukses, faktor tertinggi kedua meningkatkan usaha dengan persentase 73.08%, hal ini menunjukan faktor yang mempengaruhi self-efficacy tentang karir siswa dipengaruni oleh meningkatkan usaha, faktor tertinggi ketiga berpandangan optimis dengan persentase 72.32%, keempat berpedoman pada pengalaman hidup sebelumnya dengan persentase 71.81%, kelima menyikapi situasi yang beragam dengan cara yang positif dengan persentase 70.83%, keenam komitmen untuk melaksanakan tugas dengan persentase 70,64%, dan ketujuh mengetahui minat dan kemampuan dengan persentase 63.83%, dan siswa diharapkan memiliki self-afficacy tentang karir agar mampu untuk mencapai kesuksesan dalam karir baik dalam suatu pekerjaan dan tetap bertahan dalam karirnya. Kata Kunci: Self-Efficacy Tentang Karir
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011