ESSAY

Writer / NIM
NAHRI KADULLAH / 111411126
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Abstract
A B S T R A K Nahri Kadullah. NIM. 111 411 126. "Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Melalui Teknik Fading pada Anak TK Pelita Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I: Prof.Dr.H. Sarson Pomalato, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd. Kons. Masalah yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: "Apakah teknik fading dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita pada anak TK Pelita Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak menceritakan kembali isi cerita melalui teknik fading. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, anak yang memiliki kemampuan untuk menceritakan kembali isi cerita 14 orang (64%), kurang memiliki kemampuan 6 orang (27%), dan tidak memiliki kemampuan 2 orang (9%). Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan anak yang memiliki kemampuan dalam menceritakan kembali isi cerita menjadi 20 orang (90%), kurang memiliki kemampuan 2 orang (10%), dan tidak memiliki kemampuan (0%). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik fading dalam pembelajaran, maka kemampuan menceritakan kembali isi cerita pada anak TK Pelita Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, akan meningkat, dapat diterima". Kata kunci: Menceritakan Kembali Isi Cerita, Teknik Fading
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011