ESSAY

Writer / NIM
KARLINA NUR MOHAMAD / 111411138
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstract
A B S T R A K Karlina Nur Mohamad. NIM. 111 411 138. "Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Teknik Token Economy pada Anak Kelompok B di TK Nur Hidayah Desa Kaidundu Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena Madina, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Masalah yang dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: "Apakah teknik token economy dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok B di TK Nur Hidayah Desa Kaidundu Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak melalui teknik token economy. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang memiliki kemampuan dalam mengenal huruf abjad yakni 8 orang (57%), yang kurang tepat 5 orang (36%), dan tidak tepat 1 orang (7%). Siklus II anak yang memiliki kemampuan dalam mengenal huruf abjad 12 orang (86%), kurang tepat 2 orang (14%) dan tidak tepat (0%). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik token economy, maka kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok B di TK Nur Hidayah Desa Kaidundu Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango akan meningkat, dapat diterima". Kata kunci: Kemampuan Mengenal Huruf Abjad, Teknik Token Economy
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011