ESSAY

Writer / NIM
LUKI MOHAMAD / 111411141
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract

                                ABSTRAK

Luki Mohamad. NIM. 111 411 141. “Meningkatkan Perilaku Berani Melalui Penerapan Teknik Bermain Peran pada Anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.” Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan teknik bermain peran dapat meningkatkan perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, melalui penerapan teknik bermain peran.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I anak yang memiliki perilaku berani adalah 13 orang atau 65% pada kriteria mampu, kriteria kurang mampu 4 orang atau 20%, dan 3 orang atau 15% pada kriteria tidak mampu. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan anak yang memiliki perilaku berani  menjadi 17 orang atau 85% pada kriteria mampu, 3 orang anak atau 15% pada kriteria kurang mampu, dan % pada kriteria tidak mampu. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: “Jika guru menggunakan penerapan teknik bermain peran dalam pembelajaran, maka perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo meningkat, dapat diterima”.

Kata kunci: Perilaku Berani, Teknik Bermain Peran

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011