ESSAY

Writer / NIM
ROSTIN HALID / 111411146
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Advisor 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstract
A B S T R A K Rostin Halid. NIM. 111 411 146. "Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Teknik Bermain Kelompok di TK Mawar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I: Dr. Wenny Hulukati, M.Pd, Pembimbing II: Hj. Murhimah A. Kau, S.Psi, M.Psi. Masalah yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: "Apakah teknik bermain kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial anak di TK Mawar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan interaksi sosial anak melalui teknik bermain kelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, anak yang memiliki kemampuan berinteraksi sosial adalah 16 orang (64%), kurang memiliki interaksi sosial 3 orang (12%), dan tidak memiliki kemampuan berinteraksi sosial 6 orang (24%). Pada siklus II, anak yang memiliki kemampuan berinteraksi sosial berjumlah 20 orang (80%) dan kurang memiliki 5 orang (20%) serta tidak memiliki interaksi sosial (0%). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik bermain kelompok, maka interaksi sosial anak di TK Mawar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango akan meningkat, dapat diterima". KATA KUNCI: INTERAKSI SOSIAL, TEKNIK BERMAIN KELOMPOK i
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011