ESSAY

Writer / NIM
RUMIA ABUDI / 111411169
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstract

                A B S T R A K

            Rumia Abudi. NIM. 111 411 169. ”Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Teknik Fading di Kelas I SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo”. Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Rustam Husain, M.Pd

            Masalah dalam penelitian ini adalah: ”Apakah teknik fading dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui teknik fading.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang memiliki kemampuan membaca permulaan berjumlah 12 orang atau 60% berada pada kriteria mampu, 8 orang atau 40% berada pada kriteria kurang mampu dan kriteria tidak mampu 0%. Selanjutnya pada siklus II, terjadi peningkatan siswa yang memiliki kemampuan dalam membaca permulaan menjadi 17 orang siswa atau 85% pada kriteria mampu, dan 3 orang siswa kriteria kurang mampu, serta 0% pada kriteria tidak mampu. Dengan demikian Hipotesis tindakan yang berbunyi: ”Jika guru menggunakan teknik fading dalam pembelajaran, maka kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo akan meningkat, dapat diterima”.

Kata kunci: Membaca Permulaan, Teknik Fading

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011