ESSAY

Writer / NIM
RATNA JUNUS / 111412003
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstract
A B S T R A K Ratna Yunus. NIM. 111 411 142. "Meningkatkan Disiplin Dalam Menyelesaikan Tugas Pembelajaran PKn Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I: Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons. Pembimbing II: Irfan Kasan, S.Ag, M.Pd. Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: "Apakah konseling kelompok dapat meningkatkan disiplin dalam menyelesaikan tugas pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin dalam menyelesaikan tugas pembelajaran PKn melalui konseling kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data adalah observasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas pada pembelajaran PKn, kriteria memiliki disiplin berjumlah 17 orang (57%), kurang memiliki disiplin 10 orang (33%), dan tidak memiliki disiplin 3 orang (10%). Selanjutnya pada siklus II, rata-rata disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas pada pembelajaran PKn, pada kriteria memiliki disiplin berjumlah 25 orang (83%), kurang memiliki disiplin 5 orang (17%) dan tidak memiliki disiplin (0%), dari jumlah siswa 30 orang. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan konseling kelompok, maka disiplin dalam menyelesaikan tugas pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, dapat ditingkatkan, dapat diterima". Kata kunci: Disiplin dalam menyelesaikan tugas, konseling kelompok
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011