ESSAY

Writer / NIM
HERLINA LAWANI / 111412018
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract
ABSTRAK Herlina Lawani, 2016. Meningkatkan Minat Belajar Matematika melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII MTs Sabrun Jamil Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons, dan Pembimbing II, Dra Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah minat belajar matematika siswa kelas VIII MTs Sabrun Jamil Botupingge Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatakan melalui Layanan Bimbingan Kelompok? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar matematika melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada siswa kelas VIII MTs Sabrun Jamil Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII MTs Sabrun Jamil Botupingge Kabupaten Bone Bolango yang jumlah siswanya 16 orang, dengan sistem pembahasan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, minat belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs Sabrun Jamil Botupingge Kabupaten Bone Bolango mengalami peningkatan sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 87,50 % atau 14 orang dari 16 orang. Peningkatan ini dilalui secara bertahap yaitu; pada observasi awal, hanya 43,75 % atau 7 orang siswa yang memiliki minat belajar matematika, pada siklus I pertemuan I meningkat manjadi 56,25 % atau 9 orang, pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan lagi manjadi 68,75 % atau 11 orang siswa, pada siklus II pertemuan I meningkat lagi manjadi 75 % atau 12 orang siswa, dan pada siklus II pertemuan II mencapai 87,50 % atau 14 orang siswa yang memiliki minat belajar matematika yang diharapkan. Dengan demikian, optimalisasi bimbingan kelompok teknik diskusi telah menjadi pilihan utama bagi guru yang ada kelas VIII MTS Sabrun Jamil Botupingge Kabupaten Bone Bolango untuk melakukan layanan bimbingan kelompok terutama dalam meningkatkan minat siswa belajar matematika. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru BK di MTs Sabrun Jamil Botupingge Kabupaten Bone Bolango dapat bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa terutama untuk meningkatkan minat belajar matematika. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks. Kata Kunci: Minat Belajar Matematika dan Layanan Bimbingan Kelompok.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011