ESSAY

Writer / NIM
ZENAB TALIB / 111412021
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Advisor 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstract
ABSTRAK Zenab Talib. NIM. 111412021. Meningkatkan Budaya Antri Anak Kelompok B Melalui Teknik Modeling di TK Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II: Irpan A. Kasan, S.Ag, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya budaya antri yang dimiliki oleh anak kelompok B TK Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Hanya 15 dari 26 anak yang mampu menerapkan budaya antri dalam kegiatannya. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan budaya antri anak kelompok B melalui teknik modeling di TK Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo Subyek yang dikenakan tindakan adalah 26 orang anak kelompok B tahun pelajaran 2013/2014. Aspek-aspek yang diukur adalah antri masuk dan keluar kelas, mengantri mengambil makanan, menyerahkan tugas, dan antri menggunakan alat permainan. Proses pembelajaran dan tindakan dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Dalam pengumpulan data digunakan lembar observasi dan penilaian budaya antri anak. Data hasil observasi dan penilaian awal yang menunjukkan bahwa 15 dari 26 orang atau 57,7% anak telah memiliki budaya antri berdasarkan 4 aspek yang dinilai dengan mencapai kategori mampu. Data hasil observasi dan penilaian pada akhir siklus III menunjukkan bahwa 22 dari 26 orang atau 84,6% anak telah memiliki budaya antri berdasarkan 4 aspek yang dinilai dengan mencapai kategori mampu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan teknik modeling dapat meningkatkan budaya antri anak kelompok B TK Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Teknik Modeling, Budaya Antri, Anak TK.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011