ESSAY

Writer / NIM
MARWIN S. NASILIU / 111412104
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstract
ABSTRAK Marwin S. Nasiliu. 2016. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Salim Korompot, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo adalah rendahnya disiplin belajar yang ditandai dengan siswa yang sering terlambat masuk kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung, tugas rumah yang dikerjakan disekolah, terlambat memasukkan tugas, menyontek hasil pekerjaan teman. Penelitian ini adalah analisis kuantitatif yaitu menganalisis faktor penyebab rendahnya disiplin belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X yang berjumlah 365 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara random sampling sehingga mendapatkan 55 orang (15 %) siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument angket. Berdasarkan penelitian yang digunakan dengan analisis data persentase bahwa faktor intern memperoleh hasil presentase 71.17% dengan indikator jasmaniah, psikologi dan kelelahan, sedangkan faktor ekstern memperoleh hasil presentase 69.89% dengan indikator keluarga, sekolah, dan masyarakat hal ini menunjukan bahwa rendahnya disiplin belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo lebih didominasi oleh faktor intern. Kata kunci : Disiplin Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011