ESSAY

Writer / NIM
SAIRA UDIN RAHMAN / 111412122
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstract
A B S T R A K Saira Udin Rahman. NIM. 111 412 122. "Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Modeling di TK Huyula Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons, Pembimbing II: Irfan Usman, S.Psi, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah teknik modeling dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Huyula Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui teknik modeling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, yang dianalisa melalui analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang diawali dengan observasi awal terhadap subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, anak yang memperoleh kriteria mampu pada peningkatan kreativitas berjumlah 8 orang (57%), kriteria kurang mampu 2 orang (14%), dan kriteria tidak mampu 4 orang (29%) dari jumlah anak 14 orang. Selanjutnya pada siklus II diperoleh anak yang berada pada kriteria mampu 12 orang (85%), kurang mampu 2 orang (15%) serta kriteria tidak mampu 0%. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik modeling pada pembelajaran di TK, maka kreativitas anak di TK Huyula Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, akan meningkat, dapat diterima". Kata kunci: Kreativitas, Teknik Modeling
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011