ESSAY

Writer / NIM
SRI WAHYUNI ABDUL / 111413019
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstract
ABSTRAK Sri wahyuni Abdul. 2017. Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Cinema Therapy Terhadap Manajemen Waktu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj Rena Madina M.Pd. dan Pembimbing II, Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango adalah adanya siswa yang kurang mampu memanajemen waktu dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal teknik cinema therapy terhadap manajemen waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, (quasi experiment) yang menggunakan desain "pretest-posttest. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (teknik cinema therapy), dan variabel Y (manajemen waktu). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 297 orang. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas VIII berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka bimbingan klasikal teknik cinema therapy sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan manajemen waktu siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan eksperimen diperoleh harga sebesar -17,65 Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh (28) = 1.70113 Ternyata harga thitung berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan menerima H1. Dari hasil perhitungan ini menggambarkan bahwa siswa sudah mampu memanajemen waktu setelah mengikuti bimbingan klasikal teknik cinema therapy. Dengan demikian bimbingan klasikal teknik cinema therapy dapat membantu siswa dalam memanajemen waktu dengan baik. Artinya bahwa hipotesis bimbingan klasikal teknik cinema therapy berpangaruh terhadap manajemen waktu siswa telah diterima. Kata kunci : Manajemen Waktu Bimbingan Klasikal, Teknik Cinema Therapy
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011