ESSAY

Writer / NIM
MOH. HAZRIN PONGOLIU / 111413020
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Advisor 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstract
ABSTRAK Moh. Hazrin Pongoliu. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Topik Tugas Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan bimbingan dan konseling, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd. Kons dan Pembimbing II Irpan Kasan S.Ag, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala yang terjadi di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango yakni tentang rendahnya keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII. Permasalahannya adalah bagaimanan gambaran umum keterampilan komunikasi interpersonal siswa dan apakah ada pengaruh bimbingan kelompok topik tugas terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui gambaran umum keterampilan komunikasi interpersoanal siswa dan pengaruh bimbingan kelompok topik tugas terhadap komunikasi interpersonal siswa. Dari hasil penelitian didapati bahwa pada umumnya keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII berada pada kategori rendah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian"one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Variabel X (Bimbingan Kelompok Topik Tugas) dan variabel Y (keterampilan komunikasi interpersonal siswa) Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini diberikan 8 kali treatmen pada 15 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Yaitu teknik sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket tentang variabel Y (keterampilan komunikasi interpersonal siswa). Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung = 2.403, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh ttabel = t0,05 (28)=1,701 artinya thitung > tdaftar . Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok topik tugas terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango, dapat diterima. Kata kunci: Bimbingan Kelompok Topik Tugas, Keterampilan komunikasi Interpersonal
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011