Writer / NIM
NOFYANTO IBRAHIM / 111413060
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstract
ABSTRAK
Nofyanto Ibrahim. 2018. Nim: 111 413 060. Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu M.Pd, Kons, dan Pembimbing II Irvan Usman , S.Psi,M.Si.
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kejenuhan belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum kejenuhan belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Jenis penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo khusunya kelas X yang berjumlah 150 siswa. Dari 150 siswa diambil 30% atau 45 siswa yang dijadikan sumber data dalam penelitian. Dalam penelitian hanya ada satu variabel yang dijadikan penelitian yaitu kejenuhan belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis persentase.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa kejenuhan belajar siswa yang tertinggi pertama adalah faktor karakteristik pribadi dengan persentase 55,93%. Indikator tertinggi kedua faktor dukungan sosial dengan persentase. 47,84%. Indikator ke tiga terendah faktor beban akademik yang berlebihan dengan persentase 36,46%. Jadi berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan analisis persentase rata-rata kecemasan siswa kelas X SMK Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo sebesar 46,746% atau kategori rendah.
Kata kunci: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejenuhan Belajar Siswa
Download files