ESSAY

Writer / NIM
NABILA PUTRI ABSANAH BASALAMA / 111417003
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Advisor 2 / NIDN
IDRIANI IDRIS, S.Pd., M.Pd / 0002019202
Abstract
ABSTRAK Nabila Putri Absanah Basalamah. 2021. Pengaruh konseling kelompok teknik analisis transaksional terhadap interaksi sosial siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Idriani Idris, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala yang terjadi di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yakni siswa tidak mau kerja kelompok, tidak menghargai orang lain, merendahkan dan menghina orang lain, melakukan kekerasan. Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik analisis transaksional terhadap interaksi sosial siswa. Dari hasil penelitian ini diketahui tingkat interaksi sosial siswa kurang baik sebelum pelaksanaan konseling kelompok tetapi setelah dilakukan konseling kelompok teknik analisis transaksional bahwa mengalami peningkatan dengan kategori tinggi. Penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian group Pre-test and Post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (konseling kelompok teknik analisis transaksional) dan variabel Y (interaksi sosial siswa) SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Subyek penelitian ini sebanyak 7 orang siswa yang ditetapkan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa teknik interaksi sosial. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar -0,960. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (7)=2,570 Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. .Dengan demikian hipotesis yang berbunyi pengaruh konseling kelompok teknik analisis transaksional terhadap Kemampuan interaksi sosial siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, dapat diterima.. Kata kunci : Konseling Kelompok, Analisis Transaksional, Interaksi Sosial ABSTRACT Nabila Putri Absanah Basalamah. 2021. The effect of transactional analysis technique group counseling on social interaction of students of SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Thesis, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Advisor I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd and Supervisor II Idriani Idris, S.Pd., M.Pd. This research is motivated by the symptoms that occur in SMP Negeri 1 Gorontalo City, namely the lack of good social interaction. The purpose of this study was carried out to determine the effect of group counseling services with transactional analysis techniques on students' social interactions. From the results of this study that in general the level of student social interaction is in the low category. This research is a pre-experimental research using the research design "one group Pre-test and Post-test design". This study consisted of two variables, namely variable X (group counseling transactional analysis technique) and variable Y (student social interaction) SMP Negeri 1 Gorontalo City. The subjects of this study were 7 students who were determined by purposive sampling. The data collection technique is in the form of a questionnaire technique about the variable Y (social interaction). From the calculation result, the tcount price is -0.960. Meanwhile, from the t distribution list at the 5% real level, it is obtained t0.975 (7) = 2.570. It turns out that the price of t count has another price, or t is outside the receiving area of H0, so it can be concluded that H0 is rejected and accepts H1. Thus, the hypothesis which reads the effect of group counseling on transactional analysis techniques on the social interaction ability of students of SMP Negeri 1 Gorontalo City, can be accepted. Keywords: Group Counseling, Transactional Analysis, Social Interaction
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011