Writer / NIM
DIAN HILYATUL JANNAH / 111417018
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract
Dian Hilyatul Jannah, 2021. Pengembangan Modul Perencanaan Karir Berbasis Teori Karir Holland Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Pada Siswa SMA/Sederajat di Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd., dan Pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana modul perencanaan karir berbasis teori karir Holland yang dapat digunakan sebagai media bimbingan dan konseling pada siswa SMA/Sederajat di Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul perencanaan karir berbasis teori karir Holland sebagai media bimbingan dan konseling pada siswa SMA/Sederajat di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Researh & Development (R&D) model Sugiyono yang menguraikan tahap-tahap dalam metode pengembangan sebanyak sebelas tahap penelitian dan pengembangan, namun pada penelitian ini disederhanakan sampai pada tahap ke delapan yaitu revisi produk tanpa mengurangi esensi dari penelitian itu sendiri. Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu ahli media bimbingan dan konseling, ahli bahasa Indonesia, dan ahli budaya. Selain itu, produk ini di uji cobakan pada 5 guru bimbingan dan konseling di sekolah yang berbeda.
Berdasarkan hasil uji coba produk pada guru bimbingan dan konseling menyatakan produk yang dibuat layak untuk dijadikan media bimbingan dan konseling karir. Hasil penelitian berupa produk modul perencanaan karir berbasis teori karir Holland sebagai media bimbingan dan konseling karir pada siswa SMA/Sederajat di Kota Gorontalo.
Kata kunci : Modul, Bimbingan dan Konseling Karir, Perencanaan Karir, Teori Karir Holland, Siswa
Jannah, Dian Hilyatul. 2021. Development of Career Planning Module Based on Holland's Career Theory as Guidance and Counseling Media for Senior High School/Equivalent Students in Gorontalo. Undergraduate Thesis, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd. Co-supervisor: Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
This study aims to produce a career planning module product based on Holland's career theory as a medium of guidance and counseling for students of senior high school and the equivalent in Gorontalo. It is generated in the problem formulation of the study. This research applied the Research & Development (R&D) model of the Sugiyono model, which describes the stages in the development method as many as eleven stages of research and development. However, this study was simplified to the eighth stage of product revision, without reducing the essence of the study itself. This research method was used to produce specific products. This study involved several experts in media for guidance and counseling, Indonesian language, and cultures. In addition, this product was tested on five guidance and counseling teachers in different schools.
Based on the product trials, the findings on guidance and counseling teachers reveal that the products made are feasible for career guidance and counseling media. The result is a product in the form of a career planning module based on Holland's career theory as a medium for career guidance and counseling for senior high school/equivalent students in Gorontalo.
Keywords: Module, Career Guidance and Counseling, Career Planning, Holland's Career Theory, Students
Download files