ESSAY

Writer / NIM
NUR AISYAH SIKI / 111417040
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dr. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Abstract
ABSTRAK Nur Aisyah Siki. 2022. Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa.Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Tuti Wantu, M.Pd, Kons, dan Pembimbing 2 Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, S.Psi, M.Psi, Psi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan keterbukaan diri siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan keterbukaan diri siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa. Metode dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang terdiri dari dua variable yaitu variable X (Dukungan Sosial) dan variable Y (Keterbukaan Diri). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa berjumlah 220 siswa, sampel sebanyak15% atau 33 siswa kelas XI. Teknik Pengumpulan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar secara tatap muka, data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana dan koefisien korelasi. Berdasarkan analisis statistika korelasional diperoleh nilai r = 17,47% dan r2= 0,418%. Uji signifikan koefisien korelasi diperoleh thitung sebesar = 2,577 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh ttabel sebesar = 2,042. Ternyata harga thitung lebih besar dari ttabel. Atau harga thitung berada di luar penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 yang berbunyi terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan keterbukaan diri siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa dapat diterima. Kata Kunci: Keterbukaan Diri, Dukungan Sosial ABSTRACT Nur Aisyah Siki. 2022. The Correlation Between Social Support and Self-Disclosure of Students at Grade XI of SMK Negeri 1 Suwawa. Undergraduate Thesis. Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education. Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Dr. Tuti Wantu, M.Pd, Kons, and the Co-supervisor is Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, S. Psi., M. Psi, Psi. The problem addressed in this research is ƒ there any correlation between social support and self-disclosure of students at Grade XI of SMK Negeri 1 Suwawa.? Thus, the research aims to identify the correlation between social support and self-disclosure of students at Grade XI of SMK Negeri 1 Suwawa. This research employs a correlational method consisting of two variables, namely variable X (Social Support) and variable Y (Self-disclosure). Besides, the population in this study are students at Grade Xl of SMK Negeri 1 Suwawa, totaling 220 students, while the sample is 15% of the population or 33 students taken by random sampling technique. Moreover, the data collection technique uses a questionnaire distributed face-to-face. Then, the data are analyzed using correlation analysis, simple regression, and correlation coefficient. The correlational statistical analysis obtains the values of r = 17.47% and r2= 0.418%. On the other hand, the significance test of the correlation coefficient obtains the tcount value of 2.577, while from the t distribution list at a significance level of 5%, it is obtained ttable of 2.042. Evidently, the price of tcount is higher than ttable, or the price of tcount is outside the acceptance area of H0. Thus, it can be concluded that H1, which states that ƒ there is a positive correlation between social support and self-disclosure of students at Grade XI of SMK Negeri I Suwawa can be accepted. Keywords: Self-Disclosure, Social Support
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011