ESSAY

Writer / NIM
LISNAWATY TAMRIN SUMA / 121408057
Study Program
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Advisor 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Advisor 2 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Abstract
ABSTRAK Suma, Lisnawaty. 2012. Efektivitas Kegiatan Belajar Mandiri Pada Paket B Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs Yakob Napu, M.Pd. Pembimbing II Dr. Misran Rahman, M.pd. Salah satu bentuk pembelajaran yang diselenggarakan dalam program kesetaraan paket B adalah kegiatan belajar mandiri yaitu kegiatan belajar aktif, yang di dorong oleh niat atau motif untuk menguasai suatu kompetensi guna mengatasi suatu masalah, dan dibangun dengan bekal pengetahuan atau kompetensi yang dimiliki. Kegiatan mandiri terkait dengan bidang ajar antara lain peserta didik belajar sendiri dari modul yang ada kemudian melakukan tugas-tugas mandiri serta menganalisis topik-topik yang ada secara mandiri dan selanjutnya diklarifikasi bersama tutor untuk mendapatkan hasil yang sebenarnya. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas Kegiatan Belajar Mandiri Pada Paket B Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Kegiatan Belajar Mandiri Pada Paket B Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran tentang data secara umum dan menyeluruh yang secara aktual mengenai permasalahan yang sedang dibahas. Peran peneliti dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi seluruh hasil-hasil penelitian untuk kemudian diorganisasikan berdasarkan variabel penelitian sehingga dapat diketahui kesesuaian antara satu data dengan pokok permasalahan sebagai instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam menilai efektivitas kegiatan belajar mandiri dilihat dari empat (4) indikator yaitu 1) Kegiatan peserta didik, 2) Motivasi belajar warga belajar, 3) Penyelesaian tugas warga belajar, serta 4) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan belajar mandiri yang terdiri atas faktor tutor, warga belajar, sarana dan prasarana serta lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada keseluruhan indikator penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mandiri pada Paket B di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo belum sepenuhnya efektif. Melihat hasil penelitian tersebut maka saran yang direkomendasikan oleh peneliti adalah 1) Mencari lokasi pembelajaran yang aman dengan suasana yang kondusif 2) Motivasi instrinsik warga belajar dapat lebih ditingkatkan melalui pemberian materi pembelajaran yang benar-benar dibutuhkan oleh warga belajar dan 3) Menyesuaikan waktu/jadwal pembelajaran dengan pekerjaan warga belajar, dengan demikian tidak ada pihak / warga belajar yang merasa tidak diperhatikan ataupun diabaikan. Kata Kunci : Belajar Mandiri, Paket B
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011