ESSAY

Writer / NIM
NATRIS PAKAYA / 121408070
Study Program
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Abstract
ABSTRAK Pakaya, Natris. 2012. Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Paket B di PKBM Tunas Harapan Desa Gandasari Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hj Ruslin Badu, M.Pd. Pembimbing II Dr. Hj. Misran Rahman, M.Pd. Dalam peningkatan mutu hasil belajar pada pembelajaran Paket B diperlukan suatu pengelolaan pembelajaran yang baik dimana tutor harus mampu melakukan pengelolaan pembelajaran baik dalam kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian kegiatan pembelajaran. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas pengelolaan pembelajaran Paket B di PKBM Tunas Harapan Desa Gandasari Kecamatan Tolangohula bila dilihat dari aspek masukan (input) serta aspek proses (process). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui efektivitas pengelolaan pembelajaran Paket B di PKBM Tunas Harapan dilihat dari dimensi masukan (input). 2) Untuk mengetahui efektivitas pengelolaan pembelajaran Paket B di PKBM Tunas Harapan dilihat dari dimensi Proses (process). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dengan demikian peneliti berperan sebagai instrumen utama yang terlibat secara langsung dalam mengumpulkan data melalui teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu teknik analisis sebelum di lapangan, analisis data selama di lapangan dan analisis data usai di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Efektivitas pengelolaan pembelajaran Paket B pada elemen masukan (input) mencakup bahan, peralatan dan fasilitas yang disiapkan untuk keperluan pembelajaran sudah cukup efektif walaupun sarana dan prasarana pembelajaran yang dimiliki oleh PKBM Tunas Harapan masih minim. Sedangkan efektivitas pengelolaan pembelajaran Paket B pada elemen proses (process) di PKBM Tunas Harapan sudah cukup efektif. Hal-hal yang mempengaruhi keefektifan elemen proses mencakup unsur berikut : a) Faktor instrumental yang mencakup materi atau bahan ajar, metode pembelajaran, waktu pembelajaran, dan sistem evaluasi b) Faktor lingkungan yang mencakup faktor fisik seperti tempat belajar, faktor sosial, serta faktor psikologis berupa motivasi belajar Hasil penelitian secara keseluruhan bila dilihat dari elemen masukan (input) dan elemen proses (process) maka dapat dikatakan bahwa pengelolaan pembelajaran pada program Paket B di PKBM Tunas Harapan Desa Gandasari Kecamatan Tolangohula yang mencakup unsur perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi telah berjalan cukup efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Pengelolaan Pembelajaran, Paket B
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011