ESSAY

Writer / NIM
ISNAH LAWUO / 121408140
Study Program
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstract
ABSTRAK Isna Lawuo, 2012. Peran Pendidik Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd, pembimbing II, Mohamad Zubaidi, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dijadikan kajian dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran di Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran di Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualtitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik telah mampu memerankan tugasnya sebagai seorang agen pembelajar. Hal ini dapat dilihat dari indikator tentang kemampuan guru dalam memerankan tugas pokoknya yakni: Kemampuan merencanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan penilaian perkembangan anak dan kemampuan pendidik dalam mengembangkan pembelajaran. Sehingga berdasarkan hasil penilaian itu maka dapat disimpulkan bahwa para pendidik di Kelompok Bermain An-Nisa merupakan pendidik yang Mampu berperan sebagai seorang pendidik anak usia kelompok Bermain. Saran dalam penelitian ini adalah agar setiap pendidik anak usia dini khususnya pendidik anak usia Kelompok Bermain, hendaklah memiliki kemampuan seperti yang ditelah diperlihatkan oleh pendidik PAUD di Kelompok Bermain An- Nisa. Dengan demikian tujuan umum pendidikan anak usia dini secara nasional dapat diperoleh secara optimal. Kata kunci: Pendidik PAUD, Kegiatan Pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011