Writer / NIM
						SRIPOPPY YUNUS / 121410008
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
						Advisor 2 / NIDN
						Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
						Abstract
						Sri Poppy Yunus  2014"  Meningkatkan Prestasi Belajar  Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Warga Belajar Program Paket B di SKB Bone Bolango. Program Studi  Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan  Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Dr. Misran Rahman, M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Yakob Napu, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan prestasi belajar warga belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar  mata pelajaran PKn  pada warga belajar di SKB Bone Bolango Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
Dalam penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas, di mana dalam penelitian ini mendeskripsikan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada 20 orang warga belajar di SKB Bone Bolango.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada observasi awal 8 orang 40% yang sudah menunjukan peningkatan prestasi, kemudian pada siklus I, 57,5% sebagian warga belajar sudah menunjukan peningkatan prestasi yang diharapkan, dan pada siklus II terjadi peningkatan 75 %. Hal ini dibuktikan oleh hasil analisis data yang telah dikumpulkan melalui hasil penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar warga belajar di SKB Bone Bolango kecamatan Tapa Kabupaten Gorontalo dapat diterapkan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Prestasi Belajar
						Download files