Writer / NIM
						SITI YUNUS / 121410009
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
						Advisor 2 / NIDN
						Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
						Abstract
						Siti Yunus, 2014. Hubungan antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Peserta didik pada Paket C kelas tiga di SKB Kota Gorontalo. Program studi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Misran Rahman, M.Pd dan pembimbing II Drs. Yakob Napu, M.pd
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan motivasi belajar dengan prestasi peserta didik pada program paket C di SKB Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif, terdiri dari dua Variabel yaitu motivasi belajar sebagai variabel X dan Prestasi Belajar sebagai variabel Y, Populasi  sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada program Paket C di SKB Kota Gorontalo sebayak 30 orang, sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Instrumen menggunakan angket dan dokumentasi, teknis analisis menggunakan analisis korelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada program paket C di SKB Kota Gorontalo.
Penelitian menunjukkan bahwa, Motivasi Belajar memiliki arti penting bagi peningkatan Prestasi belajar. Semakin tinggi motivasi yang dimilikinya, maka prestasinya juga akan meningkat. Hasil analisis data terdapat hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi peserta didik  pada program paket C di SKB Kota Gorontalo. Hal ini sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yaitu t hitung ≥ t daftar. Peningkatan Motivasi belajar peserta didik memiliki hubungan yang positif dengan prestasi belajar.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
						Download files