ESSAY

Writer / NIM
ASNAWATY DJAMADI MUSA / 131408013
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Asnawaty Dj. Musa. 2012. Motivasi Berprestasi yang Memperoleh Insentif di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fadliah, M.Si, dan Pembimbing II Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah semangat kerja, ketekunan, keinginan, menerima risiko, dan tanggung jawab guru yang menerima insentif di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan semangat kerja, ketekunan, keinginan, menerima risiko, dan tanggung jawab guru yang menerima insentif di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, dengan rentang waktu selama 6 bulan yakni Januari sampai Juni 2012. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskripitif. Instrumen dalam menjaring data menggunakan notes dan angket (kuesioner). Instrumen angket menggunakan empat kriteria yakni selalu, sering, kadang-kadang, dan tidak pernah. Variabel penelitian didasarkan pada indikator penelitian sesuai fokus masalah. Populasi dan sampel penelitian merupakan jumlah guru sebanyak 112 dari 12 sekolah dasar, sehingga besaran sampel penelitian ditentukan sebanyak 84 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan rumus tabulasi statistik sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa indikator semangat kerja yang tinggi memperoleh rata-rata skor 226,13 dan capaian persentase sebanyak 67,30% dengan kriteria cukup tinggi. Pada indikator ketekunan memperoleh rata-rata skor sebesar 241,60 dengan capaian 71,90% atau kriteria cukup tinggi pula. Indikator kemauan mengerjakan pekerjaan selalu terbaik mencapai rata-rata skor sebesar 244,00 dengan persentase 72,62% dengan kriteria cukup tinggi. Pada indikator bersedia menerima risiko memperoleh rata-rata skor 207,17 dengan persentese sebesar 61,66% atau kriteria cukup tinggi. Pada indikator selalu tabah menghadapi rintangan diperoleh rata-rata skor sebesar 208,33 dan persentase sebesar 62,00% sehingga mencapai kriteria cukup tinggi. Pada indikator terakhir yakni memiliki tanggung jawab pribadi diperoleh rata-rata skor 220,50 dengan persentase 65,63% atau dengan kriteria cukup tinggi. Berdasarkan akumulasi rata-rata keseluruhan indikator, diperoleh gambaran bahwa motivasi berprestasi kinerja guru yang memperoleh insentif memperoleh rata-rata nilai sebesar 224,62 dengan capaian persentase rata-rata sebesar 65,63%, sehingga data ini bila disesuaikan dengan tabel klasifikasi atau kriteria, maka dapat dikatakan bahwa motivasi berprestasi guru dapat dikatakan cukup tinggi. Kata Kunci: motivasi, berprestasi, guru, insentif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011