ESSAY

Writer / NIM
EKA SUSANTI ISMAIL / 131408026
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Advisor 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstract
ABSTRAK Eka Susanti Ismail. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekota Gorontalo . Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Asrin, M.Pd, Pembimbing II: Besse Marhawati, S,Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekota Gorontalo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan yaitu 1) angket dan 2) wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan analisis regresi. Dengan hipotesis yang diuji yaitu; 1) H0 : ? ? 0X (kecerdasan emosional) tidak berpengaruh terhadap variabel Y (kinerja guru), 2) Ha : ? ? 0X (kecerdasan emosional) berpengaruh terhadap variabel Y (kinerja guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa kinerja guru SMP Negeri sekota Gorontalo berada pada klasifikasi cukup dengan persentase 77.95%. hal ini menunjukkan bahwa kinerja guru cukup baik. Secara umum kecerdasan emosional kepala SMP Negeri sekota Gorontalo berada pada klasifikasi cukup dengan persentase 80.35%, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional kepala sekolah baik.Terdapat pengaruh yang berarti kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri sekota Gorontalo. Tingkat pengaruhnya yaitu sebesar 69%. Terkait temuan di atas maka disarankan beberapa hal sebagai berikut: 1) kecerdasan emosional kepala sekolah yang baik perlu terus dipelihara dan dikembangkan sehingga menjadi salah satu factor yang dapat meningkatkan kinerja guru, 2) kepala sekolah perlu terus melakukan pembinaan terhadap guru dengan sikap yang ramah dan bersahabat baik melalui supervisi atau pendekatan lainnya sehingga diharapkan mampu mengoptimalkan kinerja guru dalam pembelajaran, dan 3) kepala sekolah perlu memberikan penghargaan terhadap guru yang memiliki kinerja baik sebagai salah satu bentuk pengakuan kepala sekolah atas kinerja yang dihasilkan guru. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011