ESSAY

Writer / NIM
ELIYANA SYAMSUDIN / 131408029
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Eliyana, Syamsudin. 2012. Pengelolaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd; (II) Warni. T. Sumar, S.Pd, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan praktek kerja industri (prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo tentang : (1) Untuk mengetahui gambaran perencanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo, (3) Untuk mengetahui gambaran evaluasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan: (1) kredibilitas (credibility); (2) transferabilitas (transferability); (3) dependabilitas (dependability); (4) konfirmabilitas (confirmability). Hasil penelitian: (1) perencanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) terdiri dari rapat persiapan prakerin, pembentukan panitia pelaksana prakerin, penyusunan kegiatan prakerin, dan biaya prakerin; (2) pelaksanaan Praktek Kerja Indsutri (Prakerin) terdiri atas persiapan prakerin, pembekalan/coaching, pelepasan peserta prakerin, waktu pelaksanaan prakerin, monitoring dan penarikan peserta prakerin; (3) evaluasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) terdiri dari pelaksanaan penilaian, aspe-aspek penilaian, laporan kegiatan. Saran-saran sebagai beriut: (1) Untuk sekolah, harus lebih cermat mengamati perkembangan dan kebutuhan yang ada, agar sekolah dapat menyusun rencana prakerin dalam menghasilkan lulusan yang terampil dan profesional; (2) untuk pelaksana prakerin mengadakan pelatihan bagi Dunia Usaha/Industri (DU/DI) agar mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki untuk diterapkan kepada peserta prakerin, kendala-kendala yang ada harus cepat diselesaikan dibicarakan antara guru pembimbing dan pokja prakerin untuk menemukan solusinya agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar; (3) untuk guru pembimbing, monitoring yang dilakukan guru pembimbing diharapkan lebih efisien lagi, perlu adanya komitmen dari guru pembimbing untuk memonitor pelaksanaan prakerin siswa di DUDI secara intensif; (4) untuk siswa, memahami situasi kerja di Dunia Usaha/Industri (DU/DI), meningkatkan kemampuan kompetensi yang didapatkan di sekolah dan di di dunia industri agar dapat di terapkan sesuai kompetensinya. Kata kunci: pengelolaan, praktek kerja industri (prakerin)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011