ESSAY

Writer / NIM
FANDI ARISTO NURDIN / 131408039
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Advisor 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstract
Fandi Aristo Nurdin (131408039), 2016, SKRIPSI, "Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Di SMP Negeri 1 Boliyohuto Kab. Gorontalo". Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dr. Arifin Suking, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan konsep, Keterampilan manusiawi , dan keterampilan teknik kepala sekolah di SMP Negeri I Boliyohuto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan, wakasek kurikulum, dan guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Keterampilan konsep (konseptual skill) kepala sekolah SMP Negeri 1 Boliyohuto dalam hal penyusunan perencanaan sudah berjalan dengan baik meskipun kepala sekolah hanya menganalog atau mengacu pada kegiatan-kegiatan tahun sebelumnya yang telah dibuat. Dalam hal pengawasan kepala sekolah melakukan pemantauan dalam hal pelaksanaan program, agar hasil dari pelaksanaan program sesuai dengan standar yang diharapkan. Untuk itu kepala sekolah melakukan tindakan korektif, sehingga program sekolah terlaksana dengan baik. Dalam hal pencapaian sasaran yang telah ditetapkan, dilakukan dengan cara melakukan monitoring dan evaluasi secara berkesinambungan. Kemudian dalam evaluasi kepala sekolah memberikan pengertian benar dan tidaknya, serta dalam pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dilakukan dengan membuat laporan tahunan 2) Keterampilan manusiawi (human skill) kepala sekolah SMP Negeri 1 Boliyohuto dalam hal pemberdayaan para guru lebih ditekankan pada bidang keahlian yang dimiliki oleh seorang guru. Dengan demikian pemberdayaan yang dilakukan dapat berjalan maksimal sesuai dengan potensi-potensi yang ada kemudian dalam menciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif dan inovatif kepala sekolah memiliki kesiapan dan kemampuan untuk membangkitkan semangat kerja guru dan mampu menciptakan iklim dan suasana yang kondusif, aman, nyaman, tentram dan menyenangkan serta berbudaya. Memberikan teladan kedisiplinan dengan datang tepat waktu menurut aturan tata tertib sekolah, serta memotivasi guru. Dengan demikian sikap tersebut dapat menumbuhkan budaya kedisiplinan bagi segenap warga sekolah, serta memotivasi guru. Dengan demikian sikap tersebut dapat menumbuhkan budaya kedisiplinan bagi segenap warga sekolah sebagai cermin dari iklim sekolah yang positif. 3) Keterampilan teknik (tekhnical skill) kepala sekolah SMP Negeri 1 Boliyohuto dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan sistem informasi sekolah dalam mendukung pengembangan sekolah di bidang IT, dalam hal penyampaian informasi yang berkaitan dengan program dan kegiatan sekolah yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan sekolah baik secara audio visual, dokumentasi foto maupun tertulis sudah menggunakan kemajuan teknologi dan informasi. Salah satu hal yang menjadi perwujudan dari bentuk sistem informasi sekolah berupa website dari sekolah SMP Negeri 1 Boliyohuto. Sehingga seluruh elemen sekolah maupun orang tua siswa dan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi tentang sekolah melalui situs tersebut. Kata Kunci : Kompetensi Manajerial, Kepala sekolah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011