ESSAY

Writer / NIM
FITRIANTI DELUMA / 131408047
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Abstract
ABSTRAK Fitrianti Deluma 2012. Efektifitas pelaksanaan supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Suwawa di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bonebolango. Skripsi S1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd selaku pembimbing 1 dan Dra. Meity Mononimbar, M.Pd selaku pembimbing II. Pelaksanaan supervisi pembelajaran sangat penting karena dapat mengantisipasi berbagai masalah guru dalam pembelajaran sehingga kemampuan guru dalam mengajar dapat ditingkatkan.Kondisi ini mengingat bahwa penerapan supervisi pembelajaran menganut asas demokratis, terbuka dan manusiawi. Namun kenyataannya belum semua kepala sekolah melaksanakan sesuai dengan prosedur, sehingga yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pelaksanaan supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Suwawa, Kabupaten Bonebolango Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana 1) perencanaan supervisi pembelajaran, 2) pelaksanaan supervisi pembelajaran, 3) tindak lanjut supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Suwawa, Kabupaten Bonebolango.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan satu variabel.Populasinya adalah seluruh guru SMP Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 34 orang.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai tehnik utama, observasi dan wawancara sebagai penunjang.Sedangkan tehnik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tehnik presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas pelaksanaan supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Suwawa memperoleh rata-rata presentase sebesar 61,93 % . Hasil ini merupakan akumulasi dari indikator melaksanakan pertemuan awal sebesar 65,50 %, observasi kelas sebesar 59,86 %, melaksanakan pertemuan balikan sebesar 53,31 %. Degan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi pembelajaran belum efektif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk lebih meningkatkan pengawasan, serta pemahaman mengenai peran, fungsi, tujuan, maupun manfaat dari adanya pelaksanaan supervisi pembelajaran di sekolah, agar tujuan supervisi dapat terwujud sesuai yang diharapkan. Kata kunci: efektifitas, supervisi pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011