ESSAY

Writer / NIM
ILHAMSYAH NODE / 131408065
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Advisor 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstract
ABSTRAK Ilhamsyah Node, 2012. EvaluasiJaminanMutuKurikulum SMA Negeri 3 Gorontalo.Skripsi, Strata I. JurusanManajemenPendidikan. FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Hi.Ansar, S.pd, M.SiPembimbing II Warni Tune Sumar, S.pd, M.Pd. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: 1) JaminanMutuSilabusdan RPP SMA Negeri 3 Gorontalo, 2) JaminanMutu Proses Pembelajaran SMA Negeri 3 Gorontalo, 3) JaminanMutu Media Pembelajaran SMA Negeri 3 Gorontalo, 4) JaminanMutuEvaluasiPembelajaran SMA Negeri 3 Gorontalo. DesainPenelitianinibersifatstudievaluasi dengan jenis deskriptif menggunakan model evaluasi goal attainment.Langkah-langkahpendekatanini adalah: 1)Penentuantujuanpenilaian. Tujuaniniharusmenyatakandenganjelasmateri yang akandinilaidalamkurikulum, 2) Memilih, mengubah, ataumenyusunalatpenilaiandanmengujiobyektivitas, realibilitas, danvaliditasalattersebut, 3) Menggunakanalatpenilaianuntukmemperoleh data, 4) membandingkan data yang diperolehdenganhasilpenilaiansebelumnya yang memperoleh data, 5) Analisa data untukmenentukankekuatandankelemahandarikurikulumdanjelaskanalasandarikekuatandankelemahantersebut, 6) Menggunakan data untukmembuatperubahan yang dianggapperludalamkurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Jaminan mutu silabus dan RPP belum sangat baikditinjau dari aspek tujuan umum dalam silabus dan RPP, Standar kompetensi dan tujuan pembelajaran karena belum memenuhi semua kriteria, 2) Jaminan mutu proses pembelajaran belum sangat baik ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar dan metode pembelajaran karena belum memenuhi semua kriteria, 3) Jaminan mutu media pembelajaran belum sangat baik ditinjau dari aspek pemilihan media pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran karena belum memenuhi semua kriteria, 4) Jaminan mutu evaluasi pembelajaran belum sangat baik ditinjau dari aspek pemilihan model evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran karena belum memenuhi semua kriteria. Disarankan: 1) Pimpinan sekolah melakukan evaluasi jaminan mutu kurikulum secara bertahap dan berkesinambungan agar mutu kurikulum menjadi sangat baik. 2) Guru bisa mandiri dalam mengembangkan bahan ajar dan juga dalam membuat instrumen penilaian terhadap proses pembelajaran. 3) Guru bisa efektif dalam menentukan dan menerapkan strategi pembelajaran sehingga masalah-masalah yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar dapat teratasi. 4) guru dan pimpinan sekolah saling membantu dalam melakukan perbaikan dan tindak lanjut terhadap masalah-masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran. Kata kunci: evaluasi, jaminan mutu kurikulum
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011