ESSAY

Writer / NIM
RISNAWATY A. NAU / 131408137
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Advisor 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstract
ABSTRAK Risnawaty A. Nau. 2012. Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Ansar Made, M.si dan Pembimbing II : Drs. H. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kepemimpinan visioner dalam pola pikir/orientasi dan perilaku kepala sekolah di SMP Negeri 1 Tibawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data yaitu merangkum data mentah, memilih hal yang pokok dan fokus pada hal yang penting. menyajikan data yang telah direduksi, dan melakukan verifikasi data yaitu dengan menyimpulkan keseluruhan data dan menyusunnya dalam bentuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah di SMP Negeri 1 Tibawa pada pola pikir kepala sekolah dalam menyelesaikan masalah di sekolah yaitu dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada pada guru dan masyarakat dan bekerja sama mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah. Kemampuan kepala sekolah dalam mengambil keputusan kelompok sehingga ada partisipasi dalam keputusan. Kemampuan kepala sekolah dalam komunikasi adalah dengan menjalin komunikasi dua arah dengan guru dan pihak lainnya ; 2) gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah di SMP Negeri 1 Tibawa pada perilaku kepala sekolah dalam mengatur aktivitas kerja dan menjalankan peran sebagai pemimpin dalam mengelola kegiatan sekolah adalah dengan mengaturnya sesuai dengan tupoksi. Tapi kegiatan pengawasan oleh kepala sekolah masih kurang. Perilaku kepala sekolah kepada guru dan siswa adalah kepala sekolah memberikan kepercayaan kepada guru untuk melaksanakan kewajibannya untuk mengelola pembelajaran. Perilaku kepala sekolah dalam membangun kerjasama atau bermitra dengan bermasyarakat adalah membina hubungan kerjasama sebagai wujud tanggung jawab bersama dalam mewujudkan tujuan sekolah. Untuk itu kepala sekolah harus konsisten terhadap subtansi dari jabatan yang diemban untuk dapat menciptakan gaya kepemimpinan yang efektif dan efisien bagi sekolah yang dikelolanya baik dalam memecahkan masalah, pengambilan keputusan dan komunikasi demi mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah, dan dapat mengelola kegiatan sekolah secara sistematis dan komprehensif sebagai pembaharu atau agent of change. Kepada guru untuk dapat memberikan saran, dukungan, dan jika perlu memberikan kritikan yang membangun demi terwujudnya gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah. Kepada masyarakat untuk selalu membina hubungan kemitraan dengan kepala sekolah untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Kata Kunci : Kepemimpinan, Visioner
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011