ESSAY

Writer / NIM
SAKINA POLOUNGO / 131408147
Study Program
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstract
ABSTRAK SAKINA POLOUNGO. 2012.Pengelolaan Sekolah Berasrama (Boarding School) Di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IProf.Dr.H.Abd.Kadim Masaong, M.Pddan Pembimbing IIArifin, M.Pd. Tujuan penelitian untuk mengetahuipengelolaan program kerohanian dan pengelolaan akademik di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Insan Cendekia Gorontaloselama tiga bulan yakni dari bulan April sampai Juni 2012.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian berupa kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau diwawancarai.Sumber data adalah kepala madrasah dan guru-guru pengajar di MAN Insan Cendekia serta dokumen-dokumen tertulis yang menggambarkan pengelolaan boarding school di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) pengelolaan program pembinaan kerohanian di MAN Insan Cendekia Gorontaloadalah program tahfiz qur’an (menghafal al-qur’an), program kultum, program pembinaan pengkajian kitab, dan program pembinaan belajar mandiri. Pengelolaan program akademik di MAN Insan Cendekia Gorontalo sebagai berikut: program matrikulasi, pemetaan kompetensi pendidik, peningkatan kompetensi pendidik, klinik mata pelajaran, program guru asuh, pendampingan belajar mandiri di asrama,dan program jaring peningkatan mutu di sekolah; 2) Program pembinaan kerohanian siswa berasrama di MAN Insan Cendekia Gorontalo agar dipertahankan sehingga tercapaitiga pilar profil siswa yang diharapkan. Bagi sekolah/madrasah lain dapat mengadopsi program pembinaan kerohanian siswa berasrama di MAN Insan Cendekia sehingga tujuan sekolah berasrama yang diharapkan dapat tercapai. Strategi yang ditempuh MAN Insan Cendekia Gorontalo pada pengelolaan program akademik selayaknya dipertahankan untuk peningkatan mutu pendidikan sekolah/madrasah tersebut. Saran penelitian ini adalah : 1) Program pembinaan kerohanian siswa berasrama di MAN Insan Cendekia Gorontalo agar dipertahankan sehingga dapat membentuk 3 pilar profil siswa yang diharapkan; 2) Strategi yang ditempuh MAN Insan Cendekia Gorontalo pada pengelolaan program akademik selayaknya dipertahankan untuk peningkatan mutu pendidikan sekolah/madrasah tersebut. Kata Kunci : Pengelolaan, sekolah berasrama.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011